Pages

Senin, 23 Mei 2011

Risma dan Diriku

Hai..apa kabar semua...baik-baik saja khan ? Oke kali ini saya akan membuat postingan yang akan saya persembahkan buat sahabat saya Arief Yoga Sapoetra yang bulan ini lagi mengadakan acara Give Away yang mana acara give away ini diadakan dalam rangka menanti kado terindah. Tentunya kalian yang sering berkunjung ke blognya mz bayu pasti sudah tahu yang dimaksud dengan hadiah kado terindah. Bagi yang belum mampir mampirlah segera kesana mumpung masih ada waktu untuk ikutan give away-nya mz arief.

Jujur untuk ikutan give away ini sebenarnya saya nekad. Karena untuk ikutan give away ini lebih cocok buat para blogger yang sudah berkeluarga dan mempunyai seorang putra ataupun putri. Memang benar saya sudah berkeluarga namun sampai saat ini kami belum dikarunia seorang putra maupun putri. Halah...koq malah jadi curhat, oke dari pada jadi panjang kali lebar curhatnya mendingan langsung aja deh ke pokoknya he..he..he...

Seperti yang saya tahu saat ini mz Arief dan Istri tercinta sedang menanti kado terindah dalam kehidupan rumah tangganya. Sungguh membuat saya juga merasa bahagia atas kabar ini, saya bisa merasakan kebahagian yang saat ini menyelimuti hati sahabat berdua. Semoga saja nanti dalam kelahiran putra maupun putri pertama mz arief berjalan dengan lancar tanpa halangan suatu apapun..amin..ya..robbal...alamin.

Anak adalah sebuah titipan dan merupakan amanah dari Alloh SWT. Semua anak yang dilahirkan dimuka bumi ini bagaikan selembar kain kapas yang masih putih belum ternoda apapun. Tentunya setiap anak yang dilahirkanpun setelah beranjak besar nanti akan berbeda antara anak yang satu dengan anak yang lainnya. Seperti yang saya lihat antara Risma dan Hasna. Mereka berdua adalah anak dari adekku perempuan yang saat ini saya mambantu juga untuk merawatnya. Terlebih dengan risma sudah terbiasa dengan cara didikkan saya. Dari mulai lahir masih bayi merah saya selalu memandikannya sampai tidurpun saya juga yang membantu menina bobokannya. Maklumlah saat itu ayahnya masih dinas diluar Jawa. Jadi adik saya dalam merawat risma yang merupakan anak pertama mereka saya yang membantunya.



Hari berganti hari bulan berganti bulan dan tahun berganti tahun, risma mulai beranjak besar. Dalam pertumbuhan risma saya selalu mengikutinya bahkan sering terlibat langsung dalam mendidiknya. Sampai saya menikahpun sekarang risma masih dekat dengan saya. Baginya saya adalah orang tua ke-2 nya, dan bagi saya dia sudah seperti anaku. Saat ini risma sudah duduk di kelas 1 SD. Pelan namun pasti potensi bakatnya sudah mulai nampak. Ibunya sering mendiskusikannya dengan saya akan perkembangan Risma.

Kalau saya amati risma ini anaknya ceriwis banget padahal ibuknya pendiam lho...koq bisa ya..anaknya ceriwis..???, tapi...mungkin sudah terkontaminasi dengan budhenya kali jadi ikut ceriwis...ketahuan deh he..he...Waktu dibangku Taman Kanak-Kanak Risma tergolong anak yang cepat bergaul. Dengan sifatnya yang tidak takut dengan siapapun membuat guru-gurunya di TK sering menunjuk risma untuk mengikuti lomba-lomba. Diantara lomba-lomba yang diikutinya yang paling sering diikutinya adalah lomba bercerita, baik cerita dalam bahasa indonesia maupun cerita bahasa inggris. Selain itu risma juga sangat suka membaca puisi...(duh...koq ketularan aku lagi ya bakatnya... )

Sering kalau Risma ditunjuk lomba saya tanya apakah dia suka..? alhamdullilah jawabannya dia suka banget. Artinya disini risma tidak merasa terkekang ataupun dipaksa dalam mengikuti lomba-lomba tersebut. Untuk itu pula saya menyarankan kepada ibuknya untuk mendukung risma. Ternyata ceriwisnya tak sia-sia karena menunjang bakat dan minatnyaernah suatu ketika saya tanya..” ma...bagaimana kalau risma les bahasa inggris..? tanyaku kepadanya. Risma menjawab “ iya dhe..risma mau les bahasa inggris...” akhirnya risma ikut les bahasa inggris. Hal ini tentunya berguna juga untuk menunjang potensi bakatnya risma. Masalahnya sekarang ini banyak sekali lomba-lomba seperti Sort Telling Story.

Namun selain mengikutkan risma pada les-les akademik tak lupa pula kami mengajarkan agama pula kepadanya. Apalagi sekarang risma sudah kelas 1 SD, waktunya risma untuk memperdalam agamanya. Ibunya dan Saya mengajarkan baca tulis al qur’an. Tidak lupa kami juga mengajarkan cara sholat yang benar. Selain itu saya sering menjelaskan pemahaman-pemahaman tentang agama kalau dia bertanya dan tidak mengerti. Sewaktu masih berumur 3 tahun saya sudah mengajak risma untuk sholat bersama. Dengan diajak sholat bersama dia akan menirukan gerasakan-gerakannya walaupun belum sempurna. Alhamdullilah sampai sekarang sholat berjama’ah dan membaca qur’an masih dilakukan risma.

Namanya anak-anak sifat bandel dan susah diatur selalu ada. Semua anak bahkan kitapun dulu sewaktu masih kecil juga mengalami hal ini. Diusia yang ke 7 tahun ini risma juga mulai susah diatur. Bahkan sudah bisa protes akan sesuatu hal yang dianggapnya tidak nyaman baginya. Untuk mengatasi hal ini biasanya saya dan risma sering berdiskusi. Artinya kami berdua sering tanya jawab tentang apa yang dia inginkan dan apa yang saya inginkan (orangtua inginkan). Akan tetapi saya tak boleh memaksakan kehendak saya. Saya harus mencari akal bagaimana caranya risma bisa nurut tanpa harus dengan suatu paksaan. Kalau dia bandel berbuat salah saya tidak pernah membentakknya. Saya lebih meraih tangannya saya dudukkan didepan saya kemudian saya ajak berdiskusi.

Saya tak pernah menggunakan kekerasan dalam mendidik anak, baik dalam tindakan atapun berkata-kata. Jangan sampai mengeluarkan kata-kata yang nggak sopan di depan dia. Kalau saya tidak membolehkan dia berbohong atau tidak berkata kasar, saya juga harus konsisten untuk diri saya sendiri juga untuk tidak membohonginya dan tidak berkata kasar terhadapnya. Dengan kelembutan dibarengi dengan kewibawaan akan membuat anak lebih mengerti.

Untuk menyikapi era global sekarang ini saya sudah mulai mengajarkan mengajarkan risma untuk menggunakan komputer. Tentunya disini saya hanya mengajarkan risma cara menyalakan, mematikan mengetik dan menggunakan mouse. Biasanya saya mengajarkan main game tapi untuk main game saya memberikan batasan waktu-waktu tertentu. Untuk soal Handphone saya juga sudah mengajarkan caranya untuk menelpon atau untuk mengirim sms. Tapi Ibuknya dan saya tak pernah mengijinkan risma untuk membawa handphone disekolah. Untuk menggunakan handphone saja risma harus masih ditungguin.

Mz Arief sekiranya ini yang bisa saya bagikan ke mz arief sekeluarga dalam mendidik anak. Semoga mz arief sekeluarga nanti bisa menjaga putra atau putrinya menjalani sang waktu mengiringi bumi yang berputar ini amin... Tak lupa ini saya sertakan banner April Mei Bayu Family Berbagi.


Oh iya..selamat ulang tahun buat istri tercinta mz arief ya....semoga dengan bertambahnya usia ini makin sukses dan diberikan kebahagian serta diberikan kesehatan, keselamatan dan kekuatan menjelang hari kelahiran anak tercinta...amin...... 



Share

13 komentar:

I-one mengatakan...

salut ama bunda yang mengajarkan nilai agama..
moga menangnya..

Amy mengatakan...

Moga menang ya Bun :)

nita mengatakan...

Wah sayang sekali mbak pada dek risma ya, sampai banyak hal yang disukai risma sama dengan yg disukai mbak :) smoga menang ya mbak.

Arief Bayoe Sapoetra mengatakan...

terima kasih mbak nyit......... ditunggu pengumumannya..........:)

Ay mengatakan...

mengurus anak itu menyenangkan ya? :-)
sukses ya, Nyit..

*aku juga belum punya anak koq...*

Gaphe mengatakan...

Woww.. Nyit-nyit ikutan jugaa... eh, Nyit, saya kaget loh ternyata Nyit-nyit udah punya anak... keliatan masih mudaa gituuu :P

hahaha.. semoga sukses mendidik putrinya, sukses juga untuk lombanya!

lidya mengatakan...

sukses ya dengan kontesnya, seru juga banyak yang ikut

Nyitnyit mengatakan...

I-one ► makasih ya...mz iwan...dah mampir disini..
Amy ► makasih mb amy....
Nita ► maksih ya mbak nita dah mampir...
Arief ► mz arif jangan sampai salah baca lho ya kwkkwkw
Ay ► sukses juga buat mb ay...
Gaphe ► ehmmm....kalau nikah sih emang udah mz gaphe tapi kalau punya anak..ehmm...jadi curiga nieh sebenere baca nggak hayo sama postingan ini ya... kwkkwkwkwkkw (ketahuan.com)
lidya ► maksih mbak lidya....

Hariyanti Sukma mengatakan...

wow.... udah punya bekal bagus nih dalam mendidik anak, jadi ntar si buah hati hadir udh gak bingung lagi .... diambil hikmahnya ya, mbak knp belum di karuniakan sibuah hati, sabar ya...
aku juga lama dpt momongan (8 th ).
OK .... smg menang, sebenarnya menang itu bukan pointnya tapi bisa ikut memeriahkan acaranya sahabat itu point utama, apa salahnya ... iya toh, mbak nyitnyit.

Nyitnyit mengatakan...

hehhehe iya nieh mbak...walau lom punya anak tapi dah jadi ibu daru dulu....makasih dah kasih semangat ya mbak....
Bener kata mbak sukma yg terpenting bukan menangnya tapi ikut memeriahkan acaranya merupakan hal yg membahagiakan buat saya...

pitzputz mengatakan...

waah diriku masi harus belajar mbak... susah-susah gampang ternyata ngurus anak :-D semoga menang give away nya yak

Nyitnyit mengatakan...

hehehhe apalagi vanya lagi bandel²nya yach...namanya juga anak²...

IbuDini mengatakan...

Terkadang mengemaskan ya Bun..
Sukses aja bun kontesnya, saya ikutan juga menandakan kalau sahabat baik heheheh..sukses utk kita ya bun

Posting Komentar

Mohon maaf jika komentar yang shobat tulis harus saya moderasi, Namun saya mohon sudi kiranya untuk meninggalkan komentar di postingan saya ini....

 
Copyright 2009 Tarian Jemari. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator
Blogger Showcase