Pages

Rabu, 06 April 2011

Berhutang

Hutang….yach….hutang….entah itu hutang budi..hutang uang, hutang barang atau hutang-hutang lainnya rasanya hampir semua orang mempunyai hutang. Bahkan sudah muncul pepatah diantara kita “kalau gak hutang gak semangat kerj a” ehmm…memang iya kayak gitu…? Rasa-rasanya kalimat itu hanyalah buat pembelaan atau buat ngademen hati kita aja hehehe. Kalau menurut saya hutang boleh-boleh saja sepanjang itu sangat mendesak sekali.


Untuk urusan yang satu ini saya sangat harus berhati –hati. Saya takutnya jika nanti saya tak bisa melunasi hutang-hutang yang sudah saya buat. Kita nggak akan tahu apa yang akan terjadi dengan diri kita dikemudian hari. Tapi  saya heran ada beberapa orang yang saya jumpai sangat santai saja menghadapi hutang. Bahkan ada yang pura-pura kalau ketemu seolah-olah tidak mempunyai hutang. Saya jadi prihatin menemukan kondisi yang seperti ini. Kalau memang mereka tidak ingin mengembalikan apa yang di hutang kenapa mereka harus berhutang…??? Lebih baik bilang aja minta. Kalau kita minta khan tidak harus mengembalikan.Yachh tentunya memang yang didapatkan beda kalau berhutang. Kalau meminta kita ngasih ala kadarnya atau seiklasnya. Tapi kalau yang namanya berhutang biasanya sudah ditentukan patokan yang diinginkan.


Hutang bukan tidak diperbolehkan, namun hendaknya barang siapa yang berhutang harus mempunyai tanggung jawab juga untuk mengembalikannya. Apabila kalian mampu untuk mengembalikan hutang, maka segera lunasilah hutangmu jangan sampai kau menunda-nundanya. Semoga kita senantiasa dijauhkan dari hutang..amin....



Share

6 komentar:

pitzputz mengatakan...

kalo tidak amat sangat terpaksa, jangan sampai terlibat dalam hal perhutangan lah, teman berubah jadi lawan...uhh mengerikan :-(

Hariyanti Sukma mengatakan...

iya nich ... sptnya hutang jadi kebiasaan dech, apalagi sekarang sdh dikemas secara moderen " kartu kredit" kalau aku bilang itu "kartu perangkap"

Merliza mengatakan...

harus... kalau bisa sesegera mungkin... soalnya.. tanggung jawabnya sampai di akhirat.. :(

ferdivolutions mengatakan...

aku diajarin untuk alergi hutang oleh keluargaku, jadi aku insyaallah kalau ada hutang sama temen, walaupun hutang nasi goreng di kantin kampus, secepatnya aku bayar, paling lambat itu besoknya. Soalnya takut lupa. Alhamdulillah jarang juga sih ngutang... :D

salam kenal, mbak.. blognya aku follow...
kapan2 mainlah ke blog aku... :DD

Nyitnyit mengatakan...

Pitz ► yup bener pitz...hutang bisa memutuskan tali persaudaraan.....
Mb Sukma ► wah untung aku gak punya kartu kredit mb...jd gak terperangkap hehehe...neak mau apa² tinggal gesek giliran akhir bulan tagihan membengkak hehehe...
Merlisa ► benar yang anda katakan...bagi siapa yang mati hutangnya belum dibayar maka akan dikurangi kebaikannya...
Ferdi ► wah bagus tuh fer...dipertahankan deh...salam kenal juga ya...oke aku main ke blogmu ya...n' thx's atas kunjungan n' commentnya..

Arief Bayoe Sapoetra mengatakan...

Wah soal hutang ini memang kadang membuat kita pusing mbak.... kita yang punya hutang juga pusing, yang punya piutang juga pusing kalau urusan utang piutangnya ribet....hehehehe aku izin follow ya mbak.... no 20 aku pesen...hehehe

Posting Komentar

Mohon maaf jika komentar yang shobat tulis harus saya moderasi, Namun saya mohon sudi kiranya untuk meninggalkan komentar di postingan saya ini....

 
Copyright 2009 Tarian Jemari. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator
Blogger Showcase