Pages

Selasa, 08 Februari 2011

Membuat Nugget


Tanggal 3 kemarin aku, Suamiku, dan keponakanku tidak kemana-mana untuk mengisi liburan. Risma hanya minta ditemeni berenang sama pak dhenya. Sementara risma sama suamiku berenang aku menyiapkan masakan siang saja hari itu. Ketika habis masak aku mikir..waktu masih panjang, dan kami tidak ada rencana kemana-mana enaknya ngapain ya..?, Akhirnya kuputuskan untuk membuat nugget saja.

Kebetulan di dekat rumahku ada penjual ayam jadi gak perlu jauh-jauh untuk kepasar untuk membeli bahan-bahan yang mau digunakan untuk membuat nugget. Ketika aku masih sibuk berbelanja menyiapkan bahan-bahan nugget ternyata risma dan suamiku sudah pulang berenang. Risma senang sekali begitu tahu kalau aku akan buat nugget. Secara risma doyan banget sama nugget.
  
Ya..karena risma yang doyan banget sama nugget aku memutuskan untuk belajar membuat nugget sendiri. Selain bebas bahan pengawet bisa menentukan sendiri juga variasi nuggetnya.Dan sebenarnya ini bukan yang pertama kalinya aku buat nugget , sebelumnya aku sudah membuat nugget dengan kombinasi Ayam + bayam. Untuk nugget yang sekarang mau saya buat kombinasinya Ayam + Wortel.

Risma dengan telaten nungguin aku dengan dibantu suamiku membuat nugget. Kebetulan suamiku juga lumayan sering membantuku membuat nugget dan masakan-masakan lainnya.”Terima kasih suamiku” karena telah membantuku memasak selama ini.
Setelah melalui beberapa proses akhirnya jadi juga nuggetnya. Ehmm...rasanya lebih mantap nugget Ayam + Wortel daripada yang nugget Ayam + Bayam. Risma juga sangat menyukain yang kombinasi ini. 
 
Oh iya biar teman-teman bisa juga membuat sendiri nuggetnya saya akan berbagi resep dengan kalian. Eits....jangan salah dulu ya resep ini patut dicoba untuk semua para sahabat lho....Buat yang masih single bisa juga lho..apalagi yang anak kost lumayan bisa berhemat.....hehehehe...soalnya nugget ini bisa di simpan beberapa hari tentunya dengan di Freezer kalau di letakkan di wadah Tupperware bisa dipakai sampai 1 bulan malahan...bukan bermaksud promosi lho ya..... Untuk para kaum Ibu bisa digunakan untuk mengakali putra putrinya yang susah makan sayur. Dengan nugget buatan sendiri dijamin bisa menambah asupan sayuran buat tubuhnya.

Nah sekarang simak bahan dan proses dalam pembuatan nugget versi saya ini ya..

Bahan-Bahan Nugget

1.                  Daging Ayam 1 Kg
2.                  Bawang Putih 8 Siung
3.                  Roti Tawar 8 Lembar
4.                  Wortel ½ Kg (7 Biji)
5.                  Susu bubuk 2 Sashet (terserah mau pakai merk apa kalau bisa rasanya yang netral)
6.                  Garam 1 sdm
7.                  Merica 1 sdt
8.                  Telor 1 Kg
9.                  Tepung Panir ½ Kg (Secukupnya)

Proses Pembuatannya :

1.                  Goreng Bawang Putih setengah matang (fungsinya agar rasanya tidak getar)
2.                  Giling daging ayam yang sudah dibersihkan dari tulang dan kulitnya dicampur dengan bawang putih sedikit demi sedikit
3.                  Giling Wortel sampai lembut.
4.                  Masukkan gilingan ayam dan wortel jadi satu wadah
5.                  Aduk jadi satu sampai Ayam dan Wortel jadi satu. (disarankan mengaduknya pakai blender) ditambahkan dengan Susu bubuk, Telor Ayam 4 biji , garam dan mrica yang sudah dihaluskan.
6.                  Kalau sudah bercampur rata masukkan adonan itu kedalam loyang, kemudian kukus sampai kira-kira 30 menit.
7.                  Kalau sudah matang tumpahkan dari loyang biar dingin dahulu baru dicetak sesuai dengan selera . Kalau gak punya cetakan dan untuk menguragi ribetnya setelah dinginkan iris tipis-tipis bentuk persegi panjang kira-kira lebar 1 cm.
8.                  Setelah itu siapkan tepung panir dan kocokan telor.
9.                  Masukkan irisan nugget tadi kedalam kocokan telor kemudian uleni kedalam tepung panir. (untuk hasil maksimal ulangi sampai 2 kali proses tersebut)
10.              Tempatkan di wadah yang bisa dimasukkan ke dalam freezer, kalau sudah beku baru di goreng dan siap disantap deh nuggetnya.(biasanya dalam 30  menit nugget yang dimasukkan freezer bisa di goreng)

Okey para shobat seperti inilah proses nugget yang saya buat. Selain Ayam + Wortel kombinasinya bisa diganti-ganti lho....biar gak bosan. Selamat mencoba semoga berhasil ya......

Share

4 komentar:

SUKMA mengatakan...

Makasih ya mbak udah bagi resepnya ....

Hariyanti Sukma mengatakan...

hmmm ... nyummy nih rasanya ... ditunggu resep praktis lainnya loh, mbak

klikfera mengatakan...

wah..makanan favoritku nih mbak. mantap juga resep nya, ku coba ah.. trims infonya

Nyitnyit mengatakan...

Mb Sukma ► sebelumnya saya ucapkan terima kasih mbak sukma sudah berkunjung ke sini dan memberikan comment...sampai² 2 blognya kasih comment yang berbeda..tersanjung nieh....tenang mb masih ada resep² lainnya kok...dan pasti enak kalau di coba hehehe...

Mb Fera ► wah..iya tho mbak....ayo mbak dicoba...bahannya bisa menyesuaikan lho mbak bisa diganti-ganti.....selamat mencoba mb fera...

Posting Komentar

Mohon maaf jika komentar yang shobat tulis harus saya moderasi, Namun saya mohon sudi kiranya untuk meninggalkan komentar di postingan saya ini....

 
Copyright 2009 Tarian Jemari. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator
Blogger Showcase